Siti umniyah sosok tokoh Islam Aisyiyah yang patuh terhadap Nasihat Orang Tua

Siti Umniyah
A.Riwayat
                Siti umniyah binti HJ sangidu lahir di Kauman pada tanggal 20 Agustus 1905.Kyai sangidu adalah teman perjuangan KH ahmad dahlan. Disamping itu rumah Kyai sangidu biasa dipakai sebagai pusat aktivitas gerakan pembaruan.di tempat itu pula pada tahun 1911,Kyai Ahmad dahlan menetapkan Muhammadiyah sebagai nama pergerakannya.Kyai sangidu tercatat sebagai anggota muhammadiyah no 1.siti umniyah termasuk kader didikan langsung KH ahmad Dahlan,dimana kyai Ahmah dahlan lah yang menyuruhnya memakai kerudung umniyah menggunakan kerudung kain songket khas kauman.
B.Pendidikan
·Pendidikan dasarnya ditempuh di sekolah pewiyatan (1915),sekolah pertama yang diddirikan oleh KH Ahmad dahlan.
·Ia melanjutkan ke Al-Qismul al-arqa sekolah kader  mubaligh yang juga didirikan oleh KH Ahmad dahlan.


C.Peran 
·Kiprahnya dimulai saat ia dan kader perempuan Kyai Dahlan yang lain seperti Washilah Hadjid,Zuchrizah ,sa`adah,djalah,dan beberapa perempuan lainnyamenggerakan praja wanita ,sebagai cikal bakal Nasyiatul aisiyah.
·Ia menjadi ketua aisiyah pada tahun 1924

D.Prestasi
·Siti umniyah dan teman-temannya mendirikan taman kanak-kanak,cikal bakal TK Aisiyah Butanul Athfal.
·Kemudian menjadi guru di Madrasah Muallimat Muhammadiyah yogyakartasampai tahun 1954.pagi harinnya ia gunaan untuk mengajar di muallimat dan sorennya ia gunakan untuk untuk mengajar di tsanawiyah Muhammadiyah.
·Mulai tahun 1940 ia membuka asrama di rumahnya. Tetapin sepat berhenti karena agresi militer II Belanda hingga ia harus mengungsi keselatan Yogyakarta,tepatnya di Banaran.kulunprogo.Ia kemudian bergabung dalam kesatuan ``Penerangan Mobil`` yang bertugas mengobarkan semangat seemangat perjuangan melawan Belanda.


E.Hikmah
·Beliau seorang yang ingin selalu belajar.
·Beliau selalu mendengarkan nasihat dari orang tua,guru dan orang lain.

Anhar Muflih

Instagram